11 Peluang Usaha Terbaik di Tahun 2012

bisnis propertiBisnis properti memiliki prospek yang sangat menjanjikan

Inilah 11 peluang usaha terbaik di tahun 2012, diambil dari majalah Inc

  1. E-commerce

    Industri e-commerce memanjakan konsumen dengan kemudahannya berbelanja dan bertransaksi darimanapun dan kapanpun melalui jaringan internet. Industri ini akan terus tumbuh paling tidak 8,8% setiap tahun hingga tahun 2017. Di Indonesia, sebagai contoh ada tokobagus.com, bhinneka.com, FJB Kaskus, dan masih banyak lagi.

  2. Restoran

    Makanan merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia. Selama orang masih makan, maka bisnis makanan akan masih tetap bertahan. Di Amerika saja, industri ini telah mempekerjakan 12,9 juta orang pada tahun ini, atau 10% dari jumlah tenaga kerja total di Amerika.

  3. Internet

    Semakin banyak orang di dunia mengenal internet, industri ini semakin tumbuh. Orang – orang kini mulai banyak yang online untuk mencari informasi maupun hiburan. Video online adalah salah satu segmen yang tumbuh paling cepat dan menarik banyak pengiklan di situs webnya.

  4. Mobile Games

    Lihatlah kesuksesan Angry Birds. Industri mobile games memiliki peluang untuk tumbuh dengan cepat. Hal ini juga di latar belakangi oleh semakin tingginya tingkat penggunaan smartphone dikalangan masyarakat umum. Bahkan di Amerika serikat, industri mobile games mampu melakukan penjualan sekitar 4,5 miliar dolar AS tahun ini.

  5. Pet Care

    Kini pemilik hewan peliharaan semakin peduli dengan hewan peliharaannya. Mereka secara berkala mengantarkan hewan peliharaan mereka untuk ke salon, menitipkan mereka ketika pemiliknya pergi, hingga melakukan perawatan kesehatan bagi si hewan. Bisnis ini diperkirakan akan mulai tumbuh pesat dewasa ini.

  6. Konstruksi Perumahan

    Rumah juga merupakan kebutuhan primer manusia. Industri ini akan terus bertahan dan bahkan berkembang lebih baik pada tahun – tahun mendatang. Contohlah Elang Gumilang, di usianya yang baru berumur 23 tahun sudah memiliki ratusan karyawan lewat bisnis propertinya yang kini telah beromzet milyaran.

  7. Data

    Seiring perkembangan teknologi yang semakin canggih dan dunia yang semakin digital. Kebutuhan akan pengolahan data semakin penting. Saat ini dari berbagai macam industri di berbagai sektor, total ukuran data yang dimiliki begitu besar. Namun dari sedemikian besarnya ukuran data tersebut, pengetahuan yang didapatkan masih sangat minim. Pengolahan data penting dilakukan terutama untuk perusahaan – perusahaan besar guna membantu mereka dalam pengambilkan kebijakan strategis bisnis.

  8. Konsultan Lingkungan

    Terjadinya kecelakaan kapal tanker yang mengakibatkan tumpahnya minyak mentah di laut lepas, merebaknya isu pemanasan global, dan semakin tingginya tingkat polusi di dunia mengakibatkan kebutuhan manusia akan sebuah konsultan lingkungan menjadi sangat penting. Ini merupakan peluang usaha yang nyata yang akan mampu bertahan hingga beberapa tahun mendatang.

  9. Konsultan IT

    Bisnis IT adalah bisnis yang terus berkembang. Berbagai sektor kehidupan kini telah menyadari betapa pentingnya penggunaan IT untuk mendukung percepatan pencapaian target mereka. Saat ini teknologi yang sedang marak diperbincangkan adalah mobile computing dan cloud computing.

  10. Transportasi dan Logistik

    Transportasi dan jasa pengangkutan merupakan sektor vital di berbagai bidang industri. Semakin derasnya arus informasi yang kian mudah diakses dari berbagai belahan dunia manapun, harus diimbangi oleh pemenuhan kebutuhan transportasi dan jasa pengangkutan yang cepat dan dapat diandalkan.

  11. Air

    Bumi semakin kekurangan air bersih. Penggunaan air yang berlebihan, yang tidak memikirkan jangka panjang dapat mempercepat habisnya persediaan air bersih di planet ini. Begitu juga dengan adanya kekeringan parah yang melanda beberapa belahan dunia, menyebabkan permintaan air bersih meningkat pesat. Itulah alasan mengapa industri penyediaan air bersih menjadi begitu penting sekarang dan di masa mendatang.

Diambil dari sumber.

About these ads

32 thoughts on “11 Peluang Usaha Terbaik di Tahun 2012

  1. Bisa jadi kesempatan yang bagus tuh. Dengan konsep yang bagus dan eksekusi yang matang, insyaAllah sukses. Selamat berwirausaha.. :)

  2. Peluang Bisnis Property

    Peluang Bisnis Properti
    Tetap Menggiurkan

    Prospek bisnis properti masih sangat menjanjikan di 2012 dan bakal booling pada 2014. Selain ekonomi yang membaik dan demand masyarakat yang besar, kenaikan ini juga didukung oleh kenaikan properti dari kredit bank yang disinyalir akan tumbuh 18-22%.
    Direktur Eksekutif Pusat Studi Properti Indonesia (PSPI) Panangian Simanungkalit memaparkan, bisnis perumahan dan townhouse di tengah kota bakal bertumbuh 12%. Sedangkan bisnis ruko, rukan, dan apartemen di lokasi strategis akan tumbuh 10-15%. Sementara, bisnis perkantoran dan hotel tumbuh 10 -12%. Dan, bisnis mal dan trade center akan meningkat 5-7%.

    Hal senada juga disampaikan Master Fengshui Suhu Benny yang ditemui dalam acara Prospek Properti yang Menguntungkan Berdasarkan Fengshui. Menurut dia, menurut Fengshui di 2012 bisnis properti akan semakin berkembang. Apalagi ditambah dengan sumber daya manusia yang kredibel dalam mengurus manajemen bisnis tersebut.

    Ditambahkan, Fengshui sebagai salah satu perspektif yang telah berumur ribuan tahun sesungguhnya memberikan maafaat yang banyak bagi perkembangan kebudayaan manusia termasuk bisnis properti. Hal ini berarti, tambahnya membuka peluang yang sangat besar untuk memperoleh manfaat ekonomi dari hasil investasai property.

    Ditempet terpisah, Mubyl Handaling, Presdir Multi Niaga Group (MNG) kelompok perusahaan yang berbasis di Makassar, mengatakan bisnis properti saat ini sedang memasuki masa keemasan dan diprediksi akan berlanjut dalam beberapa tahun mendatang. Suku bunga dan ekspansi kredit perbankan, sangat kondusif bagi bisnis properti. Karena itu, MNG sedang menggarap sejumlah proyek perumahan dan beberapa rencana proyek baru pada tahun depan, salah satu di antaranya proyek Multi Niaga Building, Multi Samata Asri, yang rencana dimulai awal tahun depan.

    Lupakan sejenak harga batubara yang jatuh. Abaikan dulu meredupnya daya saing Indonesia, atau lepaskan kerisauan pada lemahnya daya serap pasar Eropa dan Amerika Serikat.

    Menarik melihat kondisi bisnis dalam negeri. Banyak bisnis yang cukup atraktif untuk digarap. Bisnis ritel, makanan, minuman, misalnya, tetap memesona. Begitu pula dengan bisnis logam mulia serta otomotif dan komponen otomotif. Semuanya berkibar seperti umbul-umbul dibelai angin.

    Bisnis lain yang tidak kalah mengilapnya adalah properti, baik skala kecil maupun besar. Grup-grup besar lantas membangun proyek-proyek raksasa di DKI Jakarta dan sekitarnya. Geliat itu tampak pula di Bandung, Makassar, Medan, Surabaya, dan sekitarnya. Gencarnya pembangunan proyek baru itu sejalan dengan meningkatnya permintaan pasar. Grup Agung Podomoro, Ciputra, Alam Sutera, BSD, Summarecon seolah berlomba membangun superblok atau sentra hunian baru.

    Adapun di Surabaya, Grup Pakuwon terus melakukan ekspansi karena kuatnya permintaan pasar. Plaza Tunjungan yang sudah mencapai tahap empat diperluas sehingga muncul Plaza Tunjungan tahap lima dan enam. Di atas atau di sisi mal itu dibangun gedung multifungsi 55 lantai dan 50 lantai. Bangunan itu akan menjadi gedung tertinggi dan kedua tertinggi di Surabaya.

    Itu sekelumit gambaran bisnis skala besar. Untuk skala kecil, para pebisnis berinvestasi habis-habisan di properti. Para pengusaha muda membeli rumah atau apartemen yang baru diluncurkan. Mereka membeli pada penjualan perdana, lalu melepasnya ketika proyek berjalan 50 persen atau baru selesai. Keuntungan yang diperoleh antara 50 dan 200 persen.

    Gambarannya begini. Ada investor membeli proyek baru dengan harga Rp 1,8 miliar per unit. Ketika proyek selesai dibangun, setahun atau dua tahun kemudian, harga rumah sudah meluncur ke angka Rp 3,2 miliar. Dalam tempo satu atau dua tahun, nilai rumah melonjak Rp 1,4 miliar. Bisa dibayangkan kalau seorang pengusaha kelas menengah membeli 20 ruko, betapa besar keuntungan yang ia peroleh.

    Ada pula yang suka menyerbu ruko yang dibangun para pengembang besar. Serbuan itu dilakukan karena ruko kini sangat disukai. Kendati belum ada tanda-tanda dibangun, pembeli sudah membeludak. Mereka menyukai produk ini karena likuid. Harga ruko umumnya paling cepat menanjak, lebih cepat dibandingkan dengan harga rumah. Stok ruko paling cepat disambar pembeli. Sebagian di antara pembeli ruko ini adalah para investor yang hendak meraup laba besar.

    Patut diketahui bahwa bisnis dengan langgam seperti ini bukan bisnis dengan masa depan gemilang. Akan tetapi, tunggu dulu, dalam kondisi sekarang siapa yang hirau dengan jangka panjang atau tidak? Banyak yang berpikir meraih laba secepat mungkin dalam persaingan bisnis yang ketat sekarang ini.

    Keuntungan yang diperoleh dari bisnis ruko itu bisa dipakai sebagai modal awal bagi pengembang kecil. Pengembang seperti ini biasanya membeli sebidang tanah untuk membangun lima sampai 20 ruko. Lalu melompat lagi ke proyek lebih besar dan seterusnya sehingga ia bisa menjadi pengembang yang diperhitungkan dalam lima hingga sepuluh tahun mendatang.

    Perkembangan bisnis properti atau rumah saat ini sedang berkembang pesat. Setiap hari selalu saja ada yang mencari rumah, tanah dan ruang usaha baik yang disewa maupun yang dijual. Ini berarti peluang bisnis dan peluang usaha properti atau rumah terbuka lebar untuk anda yang ingin menghasilkan uang lewat bisnis jual beli rumah. Bisnis jual beli rumah bisa menjadi pilihan yang menarik untuk dilakukan. Selain tidak membutuhkan modal,cukup mudah untuk dilakukan, tidak menyita waktu, tidak membutuhkan tempat yang paling menarik adalah komisi yang cukup besar menanti.
    Target konsumen :
    Target konsumen kita adalah orang-orang yang ingin menjual rumah atau properti mereka. Selain itu calon pembeli adalah juga calon konsumen kita.

    Hal-hal Yang Dibutuhkan :
    Tidaklah dibutuhkan banyak hal untuk memulai bisnis ini. Memang akan lebih baik jika kita mempunyai kemampuan untuk bernegosiasi dan mau bekerja keras. Hampir semua orang dapat menekuni bisnis ini asalkan mempunyai kesabaran dan keuletan.
    Pertama, anda perlu mengetahui dimana anda dapat menemukan properti ini, dimana sumbernya sbb:

    Iklan Baris
    Memasang iklan (anda katakan bahwa anda adalah investor dengan dana unlimited)
    Agen properti (anda dapat menitipkan pesan kepada agent untuk memberitahu anda seandainya ada properti dengan : harga dibawah harga pasar, terdesak untuk menjual, dan ada return minimal 10%
    Menyisir 1 wilayah
    Teman dan kenalan
    Bank
    Pengadilan
    Klub investasi
    Profesional (notaris, badan pertanahan, pengacara, petugas pajak, dll)

    Kedua, yang kita lakukan adalah mencari iklan dikoran atau majalah yang membahas tentang iklan rumah atau juga dapat dengan cara mendatangi kantor real estate agent yang sekarang sudah banyak seperti Ray White, Century 21 dll. Hal pertama yang anda harus cari adalah rumah yang ingin dijual dengan ciri2 tertentu seperti:

    Dijual senilai NJOP (biasanya lebih rendah dari harga jual)
    Dijual Segera/Cepat
    Membutuhkan Uang/Dana
    Mau dilelang
    Properti usang (seringkali harganya murah)

    Keuntungan dari properti dengan “kondisi istimewa” seperti ini akan memungkinkan kita untuk melakukan negosiasi yang lebih mudah dengan si-pemilk properti. Bila kita telah bertemu dengan pemilk properti maka kita dapat melakukan penawaran dengan harga yang lebih “mahal” dari yang diminta. Agak aneh? Memang dan itu disengaja! Mengapa? Karena dengan “menaikkan” harga dari yang diminta sipenjual maka kita dapat “meminta” sesuatu dari sipemilik properti. Misalnya kita minta waktu perpanjangan misalnya 3 bulan atau 6 bulan kemudian baru kita bayar (Sedapat mungkin dilengkapi dengan semacam surat perjanjian antara anda dan sipenjual) .
    Setelah anda mendapatkan dokumen persetujuan itu maka kita bisa mulai mencari pembeli sehingga anda tidak perlu mengeluarkan uang atau modal sendiri. Dengan tenggang waktu 3 – 6 bulan tersebut maka anda mempunyai cukup waktu untuk mencari pembeli.
    Untuk lebih menarik si pemilik untuk tetap hanya “terikat” kepada anda maka dapat anda tambahkan dalam perjanjian bahwa anda juga akan “membagi” komisi yang anda terima sebesar 20 – 30 %. Lho kok besar benar? Kenapa tidak, toh anda tidak mengeluarkan modal apapun.

    Kendala :
    Mungkin mencari pembeli dan pemeriksaan dokumen properti adalah hal yang paling sulit.

    Tips bisnis jual beli rumah atau properti :
    Untuk dokumen properti anda dapat bekerja sama dengan orang yang berkompeten dengan hal ini. Untuk pemasaran dapat anda sebarkan lewat kenalan anda untuk itu anda perlu mempunyai daftar nama yang selalu di tambah atau dengan menggunakan Internet.
    Alangkah baiknya jika anda juga membuat kartu nama yang dapat kita bagikan pada saat menawarkan properti yang anda jual untuk membantu bila orang tersebut ingin menghubungi anda.

    Anda tertarik dan ingin memanfaatkan peluang usaha dan bisnis jual beli rumah atau properti ini?

    Pasar properti di Indonesia terus berkembang dalam beberapa tahun terakhir. Tak heran, jika perusahaan pengembang properti atau developer terus membangun rumah atau gedung untuk memenuhi permintaan properti yang terus meningkat.

    Peluang bisnis properti yang menjanjikan ini mendorong pengembang properti asal Malang, Detail Architecture Group menawarkan waralaba pembangunan perumahan. Perusahaan ini menawarkan sistem, pemasaran, dan manajemen usaha properti. Sedangkan terwaralaba harus memiliki lahan dan dana.
    Berdiri tahun 2007, DetailArchitecture Group telah menjadi konsultan Property Perumahan sebanyak 5 lokasi perumahan di daerah Malang,Tuban,Surabaya. Pada pertengahan tahun ini, DetailArchitecture Group resmi menawarkan waralaba properti.
    Faisal Bahar ST., Franchise Recruitment DetailArchitecture Group bilang, perusahaannya berkonsentrasi dalam penyediaan rumah dengan konsep town house. Saat ini, DetailArchitecture Group telah miliki satu mitra di Malang. “Sistem waralaba kami cukup menjanjikan,” ujarnya.

    DetailArchitecture Group menawarkan dua konsep investasi waralaba. Pertama, konsep Minimalis side dengan franchise fee Rp 150 juta dengan masa kerja tiga tahun. Mitra akan mendapatkan dukungan dari pusat dalam pengurusan izin tanah, survei lokasi, desain rumah, tukang, promosi, training, dan marketing. “Mitra tinggal siapkan uang untuk tanah dan cashflow open area side,” ujarnya.
    Luas tanah yang dibutuhkan minimal 350 meter persegi untuk membangun tiga rumah. Model rumah dibuat dua tingkat dengan ukuran bangunan 120 meter persegi dan tanah 116 meter persegi
    Untuk keperluan pembangunan rumah, mitra harus menyiapkan biaya lagi sebesaar Rp 550 juta. Harga rumahnya sendiri dibanderol Rp 600 juta – Rp 800 juta per unit. Lamanya pembangunan tiga rumah itu enam bulan.
    Setelah proyek pertama selesai, mitra harus mencari lokasi lain dan membangun rumah dengan jumlah sama dan tipe yang sama. “Selama masa franchise, mitra harus membuka enam lokasi,” kata Faisal.
    Estimasi omzet per enam bulan sebesar Rp 2,1 miliar. Dengan asumsi, semua rumah sudah jadi dan terjual. Mitra diharapkan balik modal dalam waktu 16 bulan.

    Kedua, paket City Tomorrow. Biaya franchise fee sebesar Rp 400 juta dengan masa kerja sama lima tahun. Fasilitas untuk mitra sama dengan paket sebelumnya. Dalam paket ini, mitra harus menyediakan modal awal Rp 1,235 miliar untuk pembangunan.
    Biaya pembangunannya lebih besar karena setiap lokasi harus membangun minimal 14 unit rumah. Adapun total lokasi dalam paket ini ditargetkan mencapai sembilan tempat. Luas lahan di tiap lokasi minimal 2.500 meter persegi untuk. Diharapkan lokasinya di dalam lingkar kota.
    Tipe rumah antara 120 meter persegi – 150 meter persegi dengan luas tanah antara 100 meter persegi – 120 meter persegi. Adapan harga jual rumah mulaai Rp 800 juta – Rp 1 miliar per unit. Masa pembangunan per lokasi enam bulan, dengan estimasi omzet per lokasi sebesar Rp 11,2 miliar per enam bulan. Mitra diperkirakan balik modal sekitar 19 bulan.
    Untuk kedua tipe ini, estimasi laba bersih sekitar 20% dari omzet. DetailArchitecture Group juga memungut royalty fee 5%, dan biaya promosi bersama 2% dari omzet.
    terwaralaba mendapat kemudahan menjadi pengembang karena keperluan perizinan dan marketing dibantu oleh pewaralaba.

    DetailArchitecture Group
    Kantor Pusat : Jln. Raden Fatah 1, No.1 Tuban, Jawa Timur
    kantor Cabang : Araya Bumi Megah Blok P7 No.1 Malang, Jawa Timur
    +62 341 9262769
    +62 856 49842128 , Up Franchise Ferdy

    https://sites.google.com/site/peluanginvestasiperumahan/

    http://peluangbisnisproperty.blogspot.com/

    http://peluangbisnisproperty.wordpress.com

    http://www.facebook.com/arie.ferdiansyah.56?ref=tn_tnmn

  3. Nice article….sy skrg sudah jalan di bisnis suplai air mineral ke beberapa pabrik serta gas elpiji 3kgs & 12kgs… tp di gas akan jadi masalah besar terkait kebijakan pemerintah & pertamina mengenai pembatasan D/O, sementara saya sbg pangkalan jd belum punya D/O, padahal modal sudah lebih dr 100jt…

  4. Wah, selama masih menjadi mahasiswa saya menjalankan beberapa bisnis, diantaranya bisnis pesanan kaos (di kampus-kampus biasanya banyak event yang panitianya membutuhkan semacam seragam atau atribut lainnya), pesanan merchandise (pin, mug, atau gantungan kunci), usaha fotokopi, hingga rumah makan fried chicken.

    Pada dasarnya, mahasiswa memiliki kesempatan yang sangat terbuka untuk ‘belajar’ berbisnis, tergantung dari minat dan passion masing-masing juga kebutuhan atau permintaan di kampus tertentu pasti berbeda satu sama lain. Good luck!

  5. Mas Arif. peluang usaha apa yg bagus di daerah yg sedang berkembang pesat seperti di Kalimantan, utamanya dibidang jasa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s